Puasa, ternyata Bisa Memicu Sel-sel Punca untuk Aktif

Written By Unknown on Jumat, 27 Juni 2014 | 07.20


Menjelang bulan Ramadhan, mari kita jalankan kewajiban berpuasa di bulan suci ini. Pasalnya, banyak peneliti yang telah membuktikan berbagai macam manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Malah, baru-baru ini sejumlah ilmuwan asal University of Southern California (USC), Amerika Serikat menemukan satu lagi manfaat berpuasa.
Puasa, ternyata bisa memicu sel-sel punca untuk aktif meregenerasi sistem imun atau kekebalan tubuh. Artinya, hingga saat ini puasa merupakan satu-satunya penyebab alamiah yang bisa mengaktifkan sel punca, untuk berubah menjadi sistem tubuh lain.
Para peneliti dari USC melakukan riset terhadap tikus dan juga percobaan klinis fase 1 terhadap manusia. Hasilnya, berpuasa selama dua sampai empat hari dalam periode enam bulan, akan memicu berubahnya kondisi sel punca, dari tidak aktif (dormant state) menjadi siap untuk memperbarui diri sendiri.
Hali itu terjadi karena saat kita berpuasa sistem tubuh akan berusaha untuk menghemat energi. “Salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk berhemat adalah mendaur ulang sel-sel imun yang sedang tidak dibutuhkan, terutama yang sudah rusak,” jelas Valter Longo, salah satu peneliti yang juga adalah Professor Gerontology and the Biological Sciences University of Southern California.

Longo menambahkan, puasa yang berkepanjangan bukan hanya memaksa tubuh untuk menggunakan simpanan glukosa dan lemak. Tapi, ternyata juga memaksa tubuh untuk membuang sel-sel darah putih dalam porsi yang cukup besar. Longo menganalogikan ini seperti pesawat kargo yang terpaksa membuang sebagian kargo bawaannya agar menjadi lebih ringan.

Ditulis Oleh : Unknown ~Healthy For Life

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Puasa, ternyata Bisa Memicu Sel-sel Punca untuk Aktif yang ditulis oleh Healthy For Life yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 07.20

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.