Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

Written By Unknown on Kamis, 26 Juni 2014 | 18.12


Semua orang pasti tahu manfaat berpuasa untuk tubuh sendiri. Hal tersebut sudah dibuktikan banyak sekali peneliti yang mengungkapkan fakta yang serupa. Meski Begitu, saat berpuasa asupan kalori jadi terbatas sehingga diperlukan strategi khusus supaya tubuh tetap bugar.
Dokter spesialis gizi klinis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Saptawati Bardosono mengatakan, “agar tubuh tetap bugar saat berpuasa tubuh harus mendapatkan asupan zat gizi yang memadai. Zat gizi yang perlu diprioritaskan ternyata adalah karbohidrat dan protein”.
"Penting hukumnya untuk memperhatikan asupan karbohidrat dan protein saat berpuasa," ujarnya dalam talkshow bertajuk "Puasa Sehat dengan Pola Minum Air Putih 2+4+2 bersama Aqua" pada Rabu (25/6/2014) di Jakarta.
Saat berpuasa tubuh paling kehilangan kedua zat gizi ini, Oleh karena itu Asupan karbohidrat dan protein menjadi sangat penting. Jika tidak segera diganti fungsi tubuh bisa terganggu. Berbeda dengan lemak yang kadarnya dalam tubuh tidak begitu banyak berkurang saat berpuasa.
"Penelitian membuktikan, karbohidrat dan protein kadarnya sangat menurun dengan berpuasa, tetapi tidak dengan lemak," ujarnya.
Berbeda dengan Karbohidrat dan Protein, Lemak akan lebih lama disimpan di dalam tubuh. Karena itu, Saptawati menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dan protein di saat sahur maupun berbuka, namun memilih makanan yang rendah lemak.
Selain itu, Air juga merupakan zat gizi yang juga perlu banyak dikonsumsi. Pasalnya selama berpuasa, tubuh akan banyak kehilangan air dan mengalami dehidrasi ringan. Oleh karena itu saat berbuka, air lah yang harus menjadi asupan pertama.

Agar tetap bugar selama perpuasa, Saptawati juga menyarankan untuk tidak mengurangi aktivitas, meskipun boleh saja menurunkan intensitasnya. Serta, tidak makan berlebihan saat sahur dan berbuka karena akan membebani kerja pencernaan.

Ditulis Oleh : Unknown ~Healthy For Life

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa yang ditulis oleh Healthy For Life yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 18.12

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.