Tips Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Written By Unknown on Jumat, 27 Juni 2014 | 17.21


Berlibur memang sangat mengasikan, tetapi seringkali kita tidak memperhatikan kesehatan kulit. Meski sinar matahari terasa sangat menyengat, kebanyakan orang tetap beraktifitas di luar ruangan tanpa sadar warna kulitpun berubah, yang paling parah adalah kulit menjadi terbakar. Bila ini terjadi bukan hanya warna kulit tetapi rasa perih pada kulit bisa terjadi pada diri Anda.
Kulit terbakar sering terjadi pada kebanyakan orang yang berlibur di pantai. Penyebabnya adalah paparan sinar matahari atau ultraviolet ke permukaan tubuh secara langsung dan berlebihan. Kulit sendiri mengandung melanin yang berfungsi sebagai perisai terhadap sengatan surya. Namun kemampuan pigmen untuk melindungi kulit sangatlah terbatas.
Menurut dokter spesialis kulit Yeyen Yovita, ciri-ciri kulit terbakar mudah terdeteksi. Biasanya rona kulit mulai berwarna merah, timbul gatal atau perih ketika tersentuh, terasa nyeri, dan kadang bisa melepuh. "Kulit akan terkelupas tiga hingga delapan hari sesudah terpapar terik sinar matahari," kata Yeyen.
Ketika kulit mulai terbakar pada tiap orang tidaklah sama. Untuk orang yang memilik kulit putih reaksi terbakar dapat terasa sekitar 15 menit setelah kulit terpapar matahari. Sedangkan yang memili kulit gelap, gejala baru timbul setelah beberapa jam.
"Lebih baik mencegah daripada mengatasi terbakarnya kulit, seperti pemakaian krim antisurya atau sunblock untuk melindungi dari sinar ultraviolet A dan B," kata Yeyen. "Oleskan krim sekitar 15-30 menit sebelum terpapar sinar matahari dan diulang pemakaiannya setiap dua hingga empat jam."
Apabila kulit sudah terbakar, tidak perlu panik. Anda harus segera melakukan penanganan. Berikut ini cara mengatasi terbakarnya kulit secara alami, sebelum berkonsultasi dengan dokter.
1.    Alirkan air selama 10-20 menit untuk mendinginkan kulit yang terbakar. Bila kulit yang terbakar cukup luas, Anda bisa berendam.
2.    Selanjutnya, kulit dekringkan dengan handuk secara perlahan. Untuk tahap ini, sebaiknya jangan mengusap kulit tetapi tepuk permukaan tubuh agar tidak tergosok dan malah membuat parah dalam penglupasan kulit.
3.    Kemudian, oleskan pelembab. Agar bisa menghasilkan hasil yang maksimal, gunakan pelembab yang mengandung ekstrak lidah buaya.
4.    Dalam masa penyembuhan, hindarkan kulit yang terbakar dengan parfum atau pelembab yang mengandung pewangi.

Ditulis Oleh : Unknown ~Healthy For Life

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari yang ditulis oleh Healthy For Life yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 17.21

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.